RECOFTC

Inisiasi Awal di Jambi untuk Memulai Program Baru

Tim RECOFTC Indonesia melakukan kunjungan lapangan ke Jambi dan bertemu dengan berbagai pihak untuk berkolaborasi dalam pengimplementasian progam Global Forest Watch.
©RECOFTC

Pada bulan September 2019, tim RECOFTC-Indonesia mengadakan kunjungan lapangan ke provinsi Jambi untuk memperkenalkan program baru yang akan segera diimplementasi kepada para pemangku kepentingan utama, mempelajari sistem dan mekanisme peringatan kebakaran hutan/lahan, serta mengidentifikasi kesenjangannya.

Salah satu contoh lahan yang terbakar di provinsi Jambi. Foto: Lukman Yazid/RECOFTC
Salah satu contoh lahan yang terbakar di provinsi Jambi. ©RECOFTC

Kunjungan ini juga mempromosikan integrasi aplikasi Global Forest Watch dan Tempo Witness dalam memantau Sistem Peringatan dan Pemantauan Kebakaran Hutan yang kerap terjadi di provinsi ini. Harapannya, dengan mengintegrasikan jurnalisme warga ke dalam pemantauan kebakaran hutan, akan semakin banyak lahan hutan bisa terselamatkan sebelum kebakaran terjadi.

Namun demikian, sebelum integrasi dapat terjadi, perlu dipahami mekanisme peringatan kebakaran dan sistem pemantauan hutan saat ini. Mekanisme aplikasi telah digunakan dalam praktik sejak 2015. Bersama dengan masyarakat setempat, pemerintah kabupaten, dan petugas Kelompok Pengelolaan Hutan (KPH), kunjungan ini juga mengidentifikasi beberapa desa untuk dijadikan lokasi proyek percontohan dan kolaborasi dalam kemitraan.