RECOFTC Indonesia

Koperasi Akar Tani

South Sulawesi Coffee

Kampanye Penggalangan Dana

Sejak tahun 1986, petani di Kabupaten Bantaeng, Indonesia, telah berupaya memperbaiki kegiatan penanaman kopi. Saat ini, mereka berkeinginan untuk menyempurnakannya.

“Kita semua dapat bertahan hidup berkat kopi,” kata M. Irzad Syafar kepada The Center for People and Forest (RECOFTC) tahun 2018 saat membuat film dokumenter tentang Koperasi Akar Tani di Sulawesi Selatan, Indonesia. Pada 2016, Syafar menjadi sukarelawan bersama beberapa petani kopi di Bantaeng saat menyadari adanya permasalahan dalam rantai pasokan kopi lokal. “Saya perhatikan bahwa petani tidak memiliki kesempatan sama sekali untuk melakukan tawar-menawar dalam pemberian harga untuk komoditas mereka,” kata Syafar dalam wawancaranya..

Dia tahu bahwa praktik ini tidak baik dan harus dihentikan. Jadi, bersama dengan rekan-rekan dari organisasi pemuda setempat, Balang Institute, dia mendirikan Koperasi Akar Tani. “Jika kita terkumpul dalam koperasi,” kata Syafar, “kita dapat menetapkan harga yang tidak akan berubah. Harga tidak akan diturunkan."

Tiga tahun kemudian, Kopi Akar Tani terus berkembang, dengan 24 orang telah bergabung menjadi anggotanya dan luasnya lebih dari 97 ha. Sebagai bagian dari misinya, Koperasi Akar Tani mempromosikan praktik bisnis yang berkelanjutan dan bekerja dengan para petani untuk meningkatkan produksi kopi. “Untuk memastikan keberlanjutan dan kesejahteraan bersama, kita semua harus memikirkan sumber daya yang tersedia,” kata Syafar.

Namun, untuk melakukannya, dibutuhkan dukungan hijau, konsumen yang bertanggung jawab, dan kontribusi dana dalam praktik bisnis berkelanjutan milik Koperasi Akar Tani. Kontribusi yang diperoleh akan membantu tim Akar Tani mendapat lebih banyak anggota petani yang mau bergabung di Koperasi dan melatih mereka dalam produksi kopi berkelanjutan. Selain itu, kontribusi tersebut akan membantu pasar Koperasi dan memberi merek kopi spesial mereka secara lebih baik.

Itulah sebabnya The Centre for People and Forests (RECOFTC) dengan bangga bermitra dengan Koperasi Akar Tani untuk mengumpulkan dana untuk kegiatan koperasinya dan masyarakat setempat. Dengan berdonasi pada Give2Asia, dana ini akan membantu perkembangan kopi Bantaeng dan pada saat yang bersamaan, juga meningkatkan mata pencaharian serta kewirausahaan masyarakat setempat.

Hasil ini akan membantu Koperasi Akar Tani untuk:

  • Mengembangkan pemasaran dan branding kopi spesial.

  • Meningkatkan pengembangan bisnis dan praktik manajemen keuangan.

  • Melatih lebih banyak petani tentang praktik agroforestri yang berkelanjutan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Koperasi Akar Tani, silakan baca beberapa artikel tambahan yang menceritakan kisah pribadi para petani ini dan sejarah kopi yang lebih luas di Indonesia.

Terima kasih atas kontribusinya!