RECOFTC Indonesia
Berita

Delegasi KLHK mengunjungi RECOFTC Bangkok untuk Diskusi Kemitraan

@RECOFTC

Delegasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Kementerian Sekretariat Negara mengunjungi RECOFTC kantor regional Bangkok, Thailand selama 2 hari pada tanggal 27-28 Desember 2018. Kunjungan di penghujung tahun 2018 ini dilaksanakan dalam rangka membahas kemitraan RECOFTC dengan pemerintah Indonesia, termasuk perpanjangan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding atau MoU) kerjasama RECOFTC dengan KLHK di Indonesia. Hadir pula dalam pertemuan ini perwakilan dari RECOFTC Indonesia, Gamma Galudra (Direktur) dan Reny Juita (Koordinator Kemitraan Kehutanan Masyarakat). 

Pertemuan pembahasan nota kesepahaman dilaksanakan di hari pertama kunjungan di kantor RECOFTC regional Bangkok yaitu pada tanggal 27 Desember 2018. Selama 1 hari penuh, pertemuan dilakukan dengan membahas lebih detail rencana perpanjangan nota kesepahaman kerja sama untuk RECOFTC di Indonesia. Dr. Chandra Silori sebagai perwakilan dari RECOFTC kantor regional turut hadir dalam pertemuan ini. Pembahasan difokuskan pada area kolaborasi kerja sama antara RECOFTC dan KLHK dalam 5 tahun mendatang dan tindak lanjutnya.  

Hari kedua, delegasi mengadakan kunjungan lapangan (field trip) ke Bang Kachao sebuah hutan kota yang juga disebut sebagai Oase Metropolis Bangkok. Secara geografis, Bang Kachao adalah pulau kecil yagn dikelilingi oleh Sungai Chao Praya sepanjang 15 km, dengan total luas 20 km persegi. Bang Ka Chao merupakan tempat terbuka hijau yang penting bagi masyarakat lokal dan menjadi kelas alam yang dekat dengan Bangkok. Delegasi dari Indonesia mengunjungi Bang Ka Chao dan berdiskusi tentang pengelolaan kawasan dan wirausaha masyarakat sekitar, dan melihat keunikan dari ekosistem ini. 

Dengan adanya kunjungan ini, semoga proses nota kesepahaman yang saat ini sedang berlangsung dapat berjalan lancar dan segera terwujud, demi kerja sama yang baik di masa depan.