RECOFTC Indonesia
Berita

Koordinasi Kegiatan Koalisi Tenurial untuk Kemajuan Bersama

Koalisi Penguasaan Lahan (Tenure Coalition) melangsungkan pertemuan untuk melakukan koordinasi kegiatan bersama demi Keadilan Tenurial dan untuk menyusun strategi pelaksanaan kegiatan koalisi di Bogor, Indonesia.
Pertemuan membahas kegiatan koalisi yang strategis. ©RECOFTC
Pertemuan membahas kegiatan koalisi yang strategis. ©RECOFTC

RECOFTC Indonesia telah bergabung dalam Koalisi Penguasaan Lahan (Tenure Coalition) sejak tahun 2011. Tim RECOFTC Indonesia secara konsisten mempromosikan keadilan penguasaan lahan bagi masyarakat hutan dan adat, serta aktif mengembangkan berbagai skema perhutanan sosial bersama Universitas Hasanuddin di Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Tema pertemuan untuk diskusi koalisi yang strategis. ©RECOFTC
Tema pertemuan untuk diskusi koalisi yang strategis. ©RECOFTC

Tahun 2017, RECOFTC Indonesia terlibat aktif dalam Konferensi Tenurial Indonesia, yang diorganisir oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan berbagai LSM yang berfokus pada kehutanan di Jakarta, dengan tema perubahan iklim dan kewirasusahaan masyarakat

Baru-baru ini, yaitu pada tanggal 21-22 Mei 2019, RECOFTC Indonesia hadir di dalam acara Pertemuan Koordinasi Koalisi LSM Internasional untuk Keadilan Tenurial untuk menyusun strategi pelaksanaan kegiatan koalisi di CICO Resort, Bogor. Pertemuan ini dihadiri oleh sebagian anggota Koalisi Penguasaan Lahan, antara lain RECOFTC, ICRAF, Samdhana, NTFP-EP, RMI, HUMA, EPISTEMA, WG-T, AMAN, JKPP, BRWA, IMN, dan Akar-Bengkulu.

Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk mensinergikan hasil-hasil dan upaya yang dilakukan bersama oleh berbagai LSM yang tergabung dalam Koalisi Penguasaan Lahan; serta berbagi tugas dan peran dalam pelaksanaan rencana kegiatan. Dalam implementasi kegiatan bersama nantinya, RECOFTC memegang peran penting dalam penguatan kapasitas dan menganalisis kompetensi para anggota koalisi dalam mendukung keadilan tenurial di Indonesia.