RECOFTC Indonesia
Berita

Pertemuan Awal Gender Leadership Co-Lab di Indonesia

Gender Co-lab meeting
© Sudiyah Istichomah, RECOFTC

Kamis, 24 Januari 2019 berlokasi di Bogor, The Center for People and Forests (RECOFTC) mengadakan acara Pertemuan Awal nasional di Indonesia sebagai bagian dari program regional Gender Leadership Co-Lab yand didukung oleh Swedish International Development Cooperation Agency (Sida). Program ini mendukung program pengembangan kapasitas dan jejaring untuk mencapai keluaran gender yang diharapkan oleh mitra institusi dan organisasi.

Inisiatif 'Gender Leadership Co-Lab' yang dilakukan RECOFTC  bertujuan untuk menyediakan platform co-creation untuk menguji dan mengimplementasikan ide-ide baru yang bertujuan untuk membawa kesetaraan gender dalam pengelolaan dan tata kelola sumber daya alam. Inisiatif ini adalah inisiatif dengan sekelompok individu yang tertarik di LSM, kelompok perempuan, lembaga negara, investor, perusahaan yang akan mendorong kesetaraan gender dan agenda pemberdayaan perempuan dari organisasi mereka melalui co-creation, pengembangan keterampilan dan pemberdayaan kepemimpinan.

Pertemuan awal ini difasilitasi oleh RECOFTC dengan menghadirkan pakar gender RECOFTC Dr. Kalpana Giri. Pertemuan ini juga dihadiri oleh para perwakilan mitra yaitu dari Balai Diklat LHK Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Universitas Hasanuddin, Sulawesi Community Foundation (SCF), PEREMPUAN AMAN, Rimbawan Muda Indonesia, dan pihak swasta dari APRIL Group.

Tujuan pertemuan awal ini adalah untuk mengenalkan program Gender Leadership Co-Lab, mendiskusikan kegiatan gender yang sudah atau akan dilakukan oleh peserta dengan tantangan yang akan dihadapi, serta mendiskusikan tentang dukungan apa yang bisa diberikan oleh RECOFTC dalam menghadapi tantangan terutama yang terkait pengembangan kapasitas.