RECOFTC Indonesia
Berita

Rencana Strategis mendatang mengisyaratkan "era baru" untuk RECOFTC

The Center for People and Forests – RECOFTC mengumumkan rencana strategis 5 tahun yang baru, mengikuti suksesnya penyelenggaraan People and Forests Forum tahun 2018
RECOFTC upcoming strategic goals

 

Pada tanggal 20 Agustus 2018, Dr. David Ganz, Direktur Eksekutif The Center for People and Forests (RECOFTC), mengumumkan Rencana Strategis RECOFTC untuk lima tahun mendatang (2018 - 2023). 
 “Kita perlu menjadi inovatif, kita perlu menjadi yang terdepan,” Dr. Ganz dalam pidatonya di acara People and Forest Forum, sebuah inisiatif yang menyatukan para pemangku kepentingan yang sering terabaikan di sektor kehutanan. 

Antara tahun 2018 dan 2023, RECOFTC akan fokus pada pencapaian empat sasaran strategis yang bertindak sebagai pemandu posisi RECOFTC yang baru di bidang kebijakan kehutanan dan lingkungan. Strategi dan arahan baru tersebut berdasarkan pada pengalaman 30 tahun, kolaborasi dengan mitra-mitra kunci yang telah kami dijaga dan akan terus dibina.

Selain berfokus pada ekosistem hutan, pendekatan baru RECOFTC akan menggabungkan kerangka lanskap, yang memungkinkan RECOFTC untuk lebih fokus pada mandat awal, yaitu masyarakat dan hutan. Dengan berfokus pada lanskap, yang merupakan bagian dari tujuan strategis 1, tiga tujuan lainnya mendikte bagaimana hal ini harus dilakukan.

Tujuan 2 mewakili keinginan RECOFTC untuk memastikan mekanisme tata kelola kehutanan yang stabil dan aman di seluruh Wilayah Asia Pasifik. Namun, untuk melakukannya, kelembagaan harus memasukkan semua suara pemangku kepentingan, termasuk sektor swasta (sasaran tiga), baik lokal maupun regional, dan pemuda dan konsumen perkotaan (sasaran empat). Yang terakhir, yang seringkali tidak dimasukkan dalam percakapan seputar pelestarian hutan dan bentang alam, adalah keharusan jika komunitas global ingin mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). 

Untuk alasan ini, RECOFTC telah menekankan perlunya tujuan strategis empat yaitu: inklusi sosial, kesetaraan gender, dan tindakan publik, yang didedikasikan untuk memastikan bahwa suara terpinggirkan, di semua sasaran, didengar dan konsumen perkotaan menyadari peran mereka dalam masa depan kemanusiaan kita. Hal ini, seperti catatan David Ganz, membutuhkan "pendekatan advokasi yang kuat," sebuah jalur yang baru, namun perlu, bagi RECOFTC. 

Meskipun demikian, RECOFTC, berbicara melalui Dr Ganz, percaya bahwa "rencana strategis ini akan selaras dengan komitmen bisnis dan pemerintah," mencatat pentingnya mencapai tujuan satu, dua dan tiga di bawah arahan tujuan empat.